--> Penipuan berkedok lowongan pekerjaan PT HM Sampoerna Tbk | SANG PENIRU

penipuan bisnis online penipuan lowongan kerja sejarah satwa liar hewan dilindungi

Rabu, 21 Juni 2017

Penipuan berkedok lowongan pekerjaan PT HM Sampoerna Tbk

| Rabu, 21 Juni 2017
Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera untuk pembaca yang Non Muslim

Sebenarnya sudah ada sejak lama penipuan dengan modus  loker (lowongan pekerjaan), terlebih sekarang sudah banyak beredar loker online di kalangan masyarakat. Hal ini tentu mempermudah para pencaker ( pencari kerja ) dalam mencari informasi tentang loker yang cocok bagi mereka. Sayangnya ada saja oknum nakal dengan wajah tanpa dosa memanfaatkan kemudahan tersebut untuk membodohi masyarakat awam, terlebih pelajar yang baru lulus sekolah dan belum berpengalaman di dunia kerja.

Salah satu modus pelaku adalah meminta korbannya untuk melakukan Reservasi Tiket/Memesan ticket di salah satu perusahaan travel yang bekerja sama dengan perusahaan. Coba lihat screenshot dibawah ini, penipuan berkedok atas nama PT.HM Sampoerna Tbk yang saya terima pada hari Selasa 20 Juni 2017 setelah saya mendaftar di salah satu website loker online


Lihat yang di lingkari, maaf kalau kurang jelas. Disitu tertulis sebagai berikut :

Keterangan : 
Peserta tes diwajibkan melakukan SMS konfirmasi ke Merger HRD HM-SAMPOERNA Tbk
Nomor 082348 619 456, dengan format : Sampoerna#Nama#(Hadir/Tidak)
Peserta diwajibkan melakukan Reservasi Pemesanan Ticket (Ticketing) di TRAVEL yang sudah di siapkan olehh perusahaan, serta mobilisasi ( penjemputan di bandara menuju tempat pelaksanaan kegiatan ). Peserta diwajibkan melaporkan ke :

ASITA
TOURS & TRAVEL
PENANGGUNG JAWAB : DIMAS SANTOSO
COUNTACT PERSON : 0823 1496 5557

Untuk efisiensi, efektifitas dan untuk meminimalisirkan. Segala keperluan yang dibutuhkan dalam proses pemberangkatan calon karyawan sebelumnya, maka PT HM Sampoerna Tbk bekerja sama dengan salah satu biro perjalanan  "ASITA Tours & Travel " yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap :
Reservasi tiket dan transportasi/ pesawat pulang pergi.
  • Menjemput dan mengatur peserta setibanya di Bandara ( airport ), ke tempat inap ( hotel ) & antar  jemput peserta ke lokas kegiatan
  • Menyediakan Akomodasi hotel 1 hari
  • Memberikan panduan tentang informasi/jadwal kegiatan selama proses tahap seleksi.
Keterangan diatas menyebutkan bahwa perusahaan bekerja sama dengan ASITA Tours & Travel dan mewajibkan calon karyawan memesan Reservasi tiket melalui biro perjalanan tersebut.
Akan tetapi keterangan mengejutkan datang dari pihak PT. HM Sampoerna Tbk bahwa " Sampoerna tidak pernah menunjuk biro perjalanan dan/pihak ketiga lainnya untuk melakukan pemesanan atau menerima pembayaran dalam bentuk apapun untuk transportasi darat, laut maupun udara terkait proses perekrutan "

Lihat Gambar dibawah ini :

Sumber : http://www.sampoerna.com/id_id/pages/homepage.aspx

Keterangan diatas saya dapat langsung dari website PT. HM Sampoerna Tbk.

Pesan saya :

Berhati hatilah ketika mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, kenali sumber lowongan tersebut. Terlebih ketika mencari informasi secara online, karena potensi terjadinya penipuan di dunia maya sudah sangat mengkhawatirkan. Cara paling aman untuk mengetahui informasi seputar lowongan pekerjaan secara online adalah dengan mengakses situs resmi dari perusahaan penyedia lowongan pekerjaan.

Bagi anda yang ingin mempelajari kasus ini lebih lanjut saya sudah menyediakan berkas penipuan dari oknum nakal diatas dan bisa di download pada link di bawah.

Download berkas contoh penipuan berkedok atas nama perusahaan besar :



Sekian dari saya semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua dan oknum-oknum nakal seperti diatas semoga cepat sadar bahwa hal yang dilakukannya itu merugikan orang lain.
Mohon maaf bila ada salah penulisan kata yang tidak berkenan di hati pembaca

Wassalamualaikum wr.wb

Salam Sejahtera

Related Posts

46 komentar:

  1. Betul, memangjaman skrg harus ekstra hati hati

    BalasHapus
  2. saya dapet email yg kyk gitu.. jd ini penipuan yaa? untung belum tf dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, hati2 aja zaman skrg banyak sekali modus penipuan seperti itu

      Hapus
  3. Berarti ini penipuan yah mas?saya baru saja tes assesment online pada tgl 16,namun sehari setelahnya saya sudah mendapat e-mail panggilan tes,dan penyedia travelnya sama dengan yang mas informasikan

    Apakah anda pernah menghubungi pihak sampoerna langsung untuk menanyakan kebenaran tersebut mas?mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dipikir secara logika mas, perusahaan besar tidak mungkin melakukan rekrutmen secara online.

      Untuk mengubungi langsung sih belum mas, cuma dari web sampoerna sudah ada keterangan bahwa sampoerna tidak pernah bekerja sama dengan travel agent manapun untuk rekrutmen karyawan baru.
      Saya sarankan sih mas kalau mau cari kerja terjun langsung aja ke lapangan

      Kalau kurang jelas boleh tanya2 lagi mas,

      Hapus
    2. Hari ini saya juga dapat sms dan email untuk panggilan seleksi pt hm sampoerna tbk di jakarta, tp dgn Raya tour & travel, masih curiga juga makanya mau saya pasti kan tanya ke kantor yg di surabaya saja benar atau tidak,
      Soalnya dulu jg prnah dpt sms n email dari pt pertamina dan pt waskita juga sama persis bgtu, cuma beda agen tour nya

      Hapus
    3. Betul mas Eri, lebih baik pastikan sendiri scra lanngsung ssblm bertindak, kalau bisa nanti hasil surveinya bisa di share disini mas Eri. Makasih

      Hapus
    4. Mau tanya, kalau saya dapet panggilan tes dari recruitment@sampoerna.com langsung, tapi nomor telpon nya beda sama yg di web padahal alamat sama di senayan gimana ya? Emailnya reami itu yg buat saya sangsi

      Hapus
    5. KALau boleh tau daftarnya lewat mana Mas, KALau lewat web, email, atau jobfair itu fix. Tpi KALau lewat penyedia loker online perlu di waspadai. Soalnya sejauh ini hm samperna menginformasikan loker melalui web resmi mereka

      Hapus
  4. Saudara saya dapet email seperti itu tapi berbeda nama travelnya. Berarti ini penipuan yaah. Astagfirullah. Untung belum transaksi. Alhamdulillah ya allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali lebih hati2 lagi ya cari kerjanya

      Hapus
  5. sama, ku juga dapat email begitu http://rhiedadiduu.blogspot.com/2018/08/panggilan-tes-dan-interview-yang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap infonya, semoga bermanfaat untuk semua orang

      Hapus
  6. wahh saya baru aja dapet email seperti itu? , kalo itu penipuan saya perlu sms untuk membatalkan hadir tidak?

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas infomasi nya min ,Saya juga hampir ketipu dengan surat panggilan interview dari PT.HM SAMPOERNA TbK,setelah saya cari-cari info tentang alur proses recrutment di PT.HM SAMPOERNA TbK,ternyata memang salah ,soal nya pihak SANPOERNA tidak bekerja sama dengan agen-agen travel dll .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama bosku, tetap semangat dan waspada cari kerjanya

      Hapus
  8. Saya baru saja mendapatkan email yang sama persis dengan mas, dan agen travelnya pun sama. Sebelum nya saya sangat senang karna ada panggilan interview. Tapi ada kejanggalan dri email tersebut dengan tanggal interview yg tidak sesuai. Serta tempat tes yang jauh dri domisili saya, terimakasih untuk informasi nya bahwa memang ada oknum penipuan yang mengatas namakan Pt tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan, terimakasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini

      Hapus
    2. Saya juga barusan mendapatkan e-mail mngatasnamakan hm sampoerna tbk dan perjalanan travel Asita Tours. Pdhl saya tdk pernah merasa mndftr d prsusahaan trsbt. Untunngya saya jeli dan kroscek ke alamat ini. Trmkasih atas semua informasinya mari kita viralkan agar tdk ada korban penipuan lagi.

      Hapus
    3. Terimakasih atas dukungannya mas bro, senang bisa membantu

      Hapus
  9. Alhamdulillah saya juga baru dapet email tsb, sama semua isinya hanya penanggung jawab dan no tlp yang berbeda, awal sudah curiga dengan ada sms dan email yang hanya berisikan judul dan lampiran aja, tdk seperti undangan dr perusahaan" lain yg saya terima, ya alhamdulillah sy periksa lg kebenarannya, syukur ada blog "sang peniru" jadi sy bisa yakin ini adl penipuan,,,,, semoga oknum" (intern/ekstern) seperti ini bisa diberikan hidayah_Aminn ,,,, sblmnya terima kasih banyak buat adminnya ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sebagai pengalaman bagi mas apis supaya lebih berhati-hati ketika mencari pekerjaan. Terimakasih untuk dukungannya mas apis, senang bisa membantu. Semoga mas apis segera mendapat pekerjaan yang sesuai skill dan kemampuan mas apis. Amin

      Hapus
  10. Bang november 2018 saya dapet panggilan seleksi juga... DISITU biaya pembayaran kan diminta di jakarta tiba mereka mau beli tiket kami disuruh Transfer 3jt 69 rb

    Wahh gila gilaa... Kami pencari kerjaa nyari rezki buat makan malah dia Penipu .... Saya sudah telfon no nonya semuanya bang... No travel maupun no manager Pt hm sampeorna nipu itu...
    Suaranya bapak bapak..
    Hati hatilah kwn jgn ketipu
    Panggilan seleksi 40 orng mudh mudhan ga ada satupun yang mau TF.. Aku berdoa.. Amin... Sabar ya yang masih blum bekerja...

    BalasHapus
  11. Bang november 2018 saya dapet panggilan seleksi juga... DISITU biaya pembayaran kan diminta di jakarta tiba mereka mau beli tiket kami disuruh Transfer 3jt 69 rb

    Wahh gila gilaa... Kami pencari kerjaa nyari rezki buat makan malah dia Penipu .... Saya sudah telfon no nonya semuanya bang... No travel maupun no manager Pt hm sampeorna nipu itu...
    Suaranya bapak bapak..
    Hati hatilah kwn jgn ketipu
    Panggilan seleksi 40 orng mudh mudhan ga ada satupun yang mau TF.. Aku berdoa.. Amin... Sabar ya yang masih blum bekerja...

    BalasHapus
  12. BANG tolobg kirim kan no ini kepolisi...
    Agar segera di Tindak Lanjutkan
    Siapa DALANG PT HM SAMPOERNA YANG HOAAAAXXX

    NO: INI NO PENIPU
    085236394411no travel
    085338104441no manager

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih informasinya kakak, sebisa mungkin kami akan membantu melaporkannya kepada pihak berwajib. Supaya tidak ada korban lagi, sekali lagi terimakasih informasinya kakak. 😊

      Hapus
  13. Sya juga barusan dapat. Tpi agen travelnya angkasa tour
    Nmer hrd 085399088708
    Agen 085232378555

    BalasHapus
  14. Sama saya dikirim melalui email juga begitu. Nggak ad bedanya dngn penjelasan diatas. Hanya membedakan dari pihak travelnya saja, mksih atas klarifikasinya, mas, mbak.

    BalasHapus
  15. Saya kena tipu ini nomernya
    082190717988 Hrd sampoerna
    085398918886 Travel

    Nama rekening ibu sumiati
    No rek 0796393527

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Aku juga baru dapat balasan kayal gitu. Nomornya juga sama. Jadi itu penipuan ya.

      Hapus
  16. lebihh hatii2..saya barusan juga dapat email sepwrti itu.

    BalasHapus
  17. Saya jg dapat email dari pihak sampoerna tatapi yang saya ragukan dia bekerja sama dengan angkasa tour travel terus saya telpon dari pihak angkasa tour apakah bener bahwa pihak pt sampoerna berkerja sama dengan angkasa tour ternyata dijawabnya tidak pernah itu penipuan sumpah tadi nya seneng nian pas tau penimpuan langsung down tapi setidaknya bisa saya jadipelajaran buat kedepannya semoga ada rejeki lain buat saya yang lebih baik amin salam sukses

    BalasHapus
  18. Hampir aja kena.. untung aja gak jadi.. kalo aku mengatasnamakan angkasa tour & travel.. alhamdulillah nggak kena

    BalasHapus
  19. Saya,kemarin juga dapat sms seperti buka email ada dan setelah saya buka email saya , saya di suruh reservasi secepatnya, tapi saya tidak kesana karena di hari yg sama saya juga ada panggilan interview di perusahaan lain, jadi saya tidak ambil di sampurna dan saya ambil yg perusahaan kedua,,,
    Keesokan hari saya datang ke perusahaan kedua trsebut nyatanya hrd yg memberitahu saya untuk interview melakukan penipuan juga,memakai nama perusahaan lain untuk keuntungan semata,,,
    Saya di kabari untuk melakukan interview di PT MITRA MANDIRI tapi kenyataannya saya diarahkan ke PT EQUITY WORLD FUTURE ...
    Di situ saya hubungi hrd yg menelfon kemarin saya maki2 dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap sabar ya mas, saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti mas. Mungkin itu adalah cobaan untuk kesuksesan kita di masa yang akan datang. Amin

      Hapus
  20. Hahaha...hari ini aku juga dapat dong...untung aku cek di google dan dapatin format yang sama namun agen travel yang berbeda...hmmm...Padahal udah seneng bakalan jalan-jalan ke Bali dan ortu pun bersedia ngasih uangnya...Untungnya cek dan ricek duluan...wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap hati2 mas bro, semoga sukses selalu

      Hapus
  21. Suami saya ketipu juga SDH transfer 2jt gmn cara tindak lanjutinya mohon bantuannya

    BalasHapus

Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sopan

Leave a comment With Wisdom And Polite